Cari Blog Ini

Sabtu, 22 Oktober 2011

Panduan Penulisan Karya Ilmiah UIN Alauddin Makassar

Sebagai seorang dosen, saya sering harus menilai thesis, laporan tugas akhir, makalah, dan tulisan ilmiah lainnya. Namun sayangnya banyak sekali mahasiswa yang tidak tahu cara menulis karya ilmiah ini. Biasanya yang saya lakukan adalah memberi catatan di pinggir tulisan atau memanggil mahasiswa yang bersangkutan untuk menjelaskan kesalahannya.
Hal ini berulang terus dan makin sering. Capek juga! Untuk itulah saya menulis tulisan
ini. Harapannya adalah mahasiswa dapat mengetahui kesalahannya sehingga mengurangi beban saya dalam memperbaiki tulisan tersebut.
Perkembangan teknologi komputer mempermudah orang dalam menulis dengan adanya (word processor). Namun banyak mahasiswa (dan juga dosen!) yang menggunakan word processor sebagai layaknya mesin ketik. Dia tidak tahu bahwa dokumen itu memiliki struktur paragraf, seperti \title", \heading", \normal text", dan seterusnya. Ketika saya buka berkas tulisannya, semuanya campur aduk dan tidak konsisten. Font berubah di mana- mana, margin berbeda, dan seterusnya. Hal ini merepotkan jika kita ingin mengubah layout sesuai dengan format yang diterapkan oleh journal tertentu. Padahal, dengan menggunakan struktur yang benar, kita dapat mengubah layout dengan hanya mengubah style dari paragraf tersebut. Ini salah satu contoh alat bantu (tools) digunakan tanpa mengetahui cara penggunaannya yang benar.
Sebetulnya saya sendiri juga tidak terlalu jagoan dalam menulis. Bahkan saya masih belajar menulis. Dapat Anda bayangkan bila saya katakan bahwa tulisan yang saya evaluasi lebih buruk dari tulisan saya! Kata sebuah iklan (tentang lampu Osram): \Oh seraaaam...".
Tulisan ini difokuskan kepada permasalahan penulisan karya ilmiah. Jadi dia terfokus kepada layoutnya, bukan kepada masalah isi (content) dari tulisan itu sendiri.
Untuk lebih jelas, silahkan download
01 Halaman Judul, 02 Kata Sambutan Rektor, 03 Kata Pengantar PR1 utk Pedoman KTI UIN Alauddin, 04 Daftar Isi Pedoman KTI UIN Alauddin Final Printed, 05 Pedoman KTI UIN Alauddin Final Printed

Tidak ada komentar:

Posting Komentar